Apakah Anda memerlukan surat pengantar yang efektif untuk mengamankan wawancara kerja?

Saya sudah cukup menulis tentang bagaimana teknik pencarian kerja berubah dengan dinamika perekrutan yang muncul. Sekarang diketahui fakta bahwa semakin banyak pekerjaan sekarang tersedia melalui jaringan media sosial dibandingkan dengan iklan surat kabar tradisional.

 

Banyak orang tidak tahu bahwa #jobs dapat membantu Anda bekerja di twitter! Mereka yang mengetahui hal ini tentu memiliki keunggulan yang jelas di pasar kerja. Dengan munculnya tempat kerja seperti Monster, Workopolis, Rozee, Bayt dll. dan jaringan media sosial seperti LinkedIn, pencari kerja didorong untuk mendaftar dan membiarkan profil mereka untuk perekrut mencari dalam database yang luas.

 

Namun, pertanyaannya adalah: apakah kebutuhan akan surat pengantar yang berfungsi baik tetap ada atau apakah ini alat yang usang customkreatif.com?

 

Menurut pendapat saya, proses rekrutmen baru ketika proses dimulai di media sosial atau melalui aplikasi berbasis internet, kebutuhan akan surat pengantar hampir dihilangkan. Pelamar hanya perlu khawatir tentang surat pengantar jika diminta secara khusus oleh pengiklan.

 

Ada banyak artikel yang tersedia di berbagai situs web seperti Harvard Business Review atau EzineArticles tentang cara menulis surat pengantar yang efektif. Menurut pendapat saya, perlu, harus disiapkan menggunakan struktur berikut:

 

1. Tanggal

 

2. Nama orang / departemen

 

3. Alamat lengkap perusahaan

 

4. Hapus referensi ke iklan.

 

5. Subjek harus berisi judul

 

6. Badan harus memuat tiga paragraf dan harus fokus pada:

 

satu. Kualifikasi dan pengalaman Anda

 

b. Keterampilan interpersonal Anda

 

c. Waktu ketersediaan Anda untuk bekerja (jika ditawarkan)

 

Jujur, tidak perlu menulis surat pengantar yang rumit dan panjang, dokumen utama Anda adalah resume Anda dan perlu perhatian lebih dari surat! Idealnya, jika Anda perlu melampirkan surat pengantar, itu hanya akan meringkas bit kunci dari resume Anda dan harus mendorong pembaca untuk berbalik dan membaca resume Anda juga.

 

Ingat, jika Anda diminta untuk mengirimkan satu, surat lamaran Anda akan membantu Anda menonjol dari pelamar lain. Perlakukan itu sebagai surat pemasaran Anda, cukup singkat dan meyakinkan untuk mendapatkan wawancara.

 

Beberapa poin penting dalam menulis surat pengantar yang efektif adalah:

 

1. Penggunaan kata-kata positif.

 

2. Jangan pernah mengatakan hal negatif tentang pekerjaan Anda saat ini.

 

3. Tunjukkan pendekatan ambisius terhadap sasaran karier Anda.

 

4. Relevansi pengalaman Anda dengan pekerjaan yang Anda lamar.

 

Akhirnya, sebelum mengirim, tidak ada salahnya meminta seseorang untuk meninjau surat pengantar. Sepasang mata ekstra selalu disarankan!

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*